Upaya Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Melalui Konseling Individu Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

Authors

  • Sri Mulyani Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Hasan Bastomi Institut Agama Islam Negeri Kudus

Keywords:

Upaya Menanggulangi, Tata Tertib, Konseling Individu, REBT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Implementasi konseling indivu dengan menggunakan pendekatan REBT untuk menaggulangi siswa yang melanggar tata tertib di SMP Negeri 5 Kudus. Penelitian tentang Implementasi konseling indivu dengan menggunakan pendekatan REBT untuk menaggulangi siswa yang melanggar tata tertib ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data menggunakan Teknik Wawancara (Interview), Observasi (Pengamatan) dan Dokumentasi. Adapusn subyek penelitian atau informan dalam peneliti ini adalah wakil Kepala Sekolah, guru BK dan siswa di SMP Negeri 5 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi konseling indivu dengan menggunakan pendekatan REBT untuk menaggulangi siswa yang melanggar tata tertib ini dilaksanakan dengan langkah langkah antara lain: (need assessment) analisis data kebutuhan, proses konseling menggunakan pendekatan REBT untuk mengubah presepsi siswa yang tidak logis menjadi logis dan irrrasional, melakukan tindak lanjut pada siswa yang dirasa belum menunjukkan perubahan setelah melakukan konseling REBT dan melakukan pengawasan dengan berkoordinasi dengan tenaga pendidik yang lain sebagai upaya keberhasilan proses konseling REBT yang telah dilakukan.

References

Andi, M. (2013). Psikologi Remaja. Usaha Nasional.

Bastomi, H., & Aji, M. A. S. (2018). Konseling Rational Emotif Behaviour Theraphy (Rebt)-Islami (Sebuah Pendekatan Integrasi Keilmuan). KONSELING EDUKASI : Journal Of Guidance And Counseling, 2, No 2, 25–45. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4465

Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi. Eresco.

Haryanto, R. (2020). Pengertian tata Tertib Sekolah. SCRIBD.

Hortensi, G. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Konseling Individual Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMK Negeri 5 Mataran. Jurnal Indonesia of Educational Development, 1 (2).

Komalasari, G. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Indeks.

Kurniawan, W. A. (2018). Budaya Tertib Siswa di Sekolah. Jejak.

Latipun. (2001). Psikologi Konseling. Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Marliana, A. D. (2013). Strategi Sekolah Dalam Menangani Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Siswa Di SMP Negeri Papar Kedir. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1 (1), 236–237.

Namora, L. L. (2017). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan. Praktik. Kencana Prenada Media Group.

Noviarini, D. (2020). Upaya Mengatsi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Melalui Konseling Individu Teknik Rational Emotif Behavior Pada Siswa Kelas IX Negeri 2 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal HELPER, 37 (2).

Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Rineka Cipta.

Putra, Y. M. P. (2012). 42 Siswa SMAN 6 Langgar Tata Tertib. Republika.Co.Id.

Seplyana, D. (2019). , “Implementasi Pendekatan Rational emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Membantu Mengatasi Kebiasaan Terlambat Siswa SMA Negeri 6 Model Lubuklinggau. Article History, 17 (2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Teori Konseling. Ghalia Indonesia.

Wasesa, A. F. (2016). Pengaruh Pelatihan Rational Emotif Behavior Perilaku Terhadap Penurunan Perilaku Kecurangan Akademik Siswa. Jurnal Intervensi Psikologi, 8 (1).

Yanti, L. M., & Saputra, S. M. (2016). Penerapan Pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy). FOKUS, 6 (6).

Hasil wawancara dengan Bu Siti Rossani selaku Guru BK kelas VII SMP 5 Kudus, pada tanggal 26 Maret, 2021

Hasil wawancara dengan Bapak Rustanto, selaku guru BK kelas IX SMP 5 Kudus, pada tanggal 5 April, 2021

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Sri Mulyani, & Hasan Bastomi. (2024). Upaya Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Melalui Konseling Individu Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). MIZAJ: Journal of Islamic Counseling, 1(1), 15–35. Retrieved from http://yambus-lpksa.com/index.php/MIZAJ/article/view/48