Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Terhadap Minat Melanjutkan Studi Siswa Kelas XII SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus, Pati

Authors

  • Yana Novita Indriyani Institut Agama Islam Negeri Kudus

Keywords:

Bimbingan Dan Konseling Karir, Minat, Melanjutkan Studi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran guru BK serta layanan bimbingan dan konseling karir yang telah diterapkan untuk meningkatkan minat melanjutkan studi bagi siswa kelas XII di SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus, Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penulis menafirkan melalui wawancara sampai dengan dokumentasi hingga persoalan menjadi jelas dan dapat digambarkan dengan jelas. Teknik analisis data mengikuti konsep analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling dan karir untuk mengetahui minat melanjutkan studi bagi siswa kelas XII SMA Islam Tuan Sokolangu, Gabus, Pati telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan teori yang ada, tapi belum 100% membuat siswa melanjutkan studi. Ada beberapa faktor yang membuat minat siswa rendah untuk melanjutkan studi, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yaitu kurangnya wawasan mengenai perguruan tinggi, kurangnya motivasi, dan lain sebagainya. Serta faktor dari luar yaitu masalah ekonomi keluarga. Dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling karir, guru BK melakukan motivasi dan menambah wawasan kepada siswa mengenai perguruan tinggi, memberitahu tentang adanya beasiswa yang ada diperguruan tinggi.

References

Baharuddin. (2012). Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis terhadap Fenomena. Ar-Ruzz Media.

Buchori, S. (2015). Efektifitas Bimbingan karir Untuk peningkatan Core Work Skills Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1).

Defriyanto, & Purnamasari, N. (2017). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir dalam Meningkatkan Minat Siswa dalam Melanjutkan Studi Kelas XII di SMA Yadika Natar. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 207–218. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.566

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Istirahayu, I., Mayasari, D., Fitriyadi, S., & Damayanti, Z. (2018). Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2).

Liza, L. O., & Rusandi, M. A. (2016). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG STUDI LANJUT TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 14–17.

Manrihu, M. T. (1992). Pengantar Bimbingan dan Konseling Karier. Bumi Aksara.

Saam, Z. (2009). Psikologi Keperawatan. UR Press.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Intregrasi. RajaGrafindo Pers.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Media Abadi.

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Putra, M. R., & Putri, M. K. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA. Jurnal Of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 2(2).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. (Online), http://www.kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf (diakses 3 Desember 2013)

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Yana Novita Indriyani. (2024). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Terhadap Minat Melanjutkan Studi Siswa Kelas XII SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus, Pati. MIZAJ: Journal of Islamic Counseling, 1(1), 36–49. Retrieved from http://yambus-lpksa.com/index.php/MIZAJ/article/view/49